11 Tips Liburan Keluarga Jadi Lebih Berkesan

11 Tips Liburan Keluarga Jadi Lebih Berkesan

Desember 11, 2018 0 By admin

Yee.. liburan sekolah sudah tiba !! Saatnya merencanakan liburan bersama keluarga tercinta. Banyak sekali destinasi wisata yang wajib anda kunjungi . Namun anda harus melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu sebelum pergi ke sebuah tempat wisata. Beberapa tips berikut ini bisa anda coba agar liburan keluarga menjadi lebih berkesan.

  1. Rencanakan kegiatan liburan persis seperti perencanaan kebutuhan keluarga. Anda akan melakukannya dan berupaya mendapatkan semua yang terbaik, mulai dari kursi penerbangan, hotel, dan  kategori kamar yang tersedia.
  2. Resor yang terbaik untuk keluarga bergantung pada usia putra-putri Anda dan kepentingan setiap anggota keluarga. Mulailah dengan mencatat kebutuhan dan keinginan Anda beserta seluruh anggota keluarga.
  3. Cari tempat liburan yang memiliki kriteria sesuai kebutuhan. Banyak orangtua yang berpikir bahwa mereka harus mengorbankan waktu liburan mereka dan memberikan sepenuhnya pada anak-anak. Tidak begitu! Banvak resor yang menawarkan fasilitas yang cocok untuk anak-anak maupun orang dewasa.
  4. Mungkin putra-putri Anda bosan pergi ke kolam renang yang sama setiap hari. Anda juga mungkin bosan dengan menu makan yang sama setiap malam. Pertimbangkan tujuan yang menawarkan berbagai pilihan bagi semua orang dalam keluarga. Misal pergi ke kolam renang yang memiliki slide dan memiliki fasilitas restoran air.
  5. Jika memiliki putra-putri usia prasekolah, Anda memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan bukan pada musim liburan. Jika memiliki putra-putri yang bersekolah, hindari waktu puncak perjalanan keluarga, misalnya libur kenaikan kelas, Lebaran, Natal, dan Tahun Baru. Anda dapat menghemat sampai lebih dari 50 persen.
  6. Gunakan fasilitas pada telepon seluler Anda seperti GPS untuk menanggulangi keadaan darurat, misalnya tersesat.
  7. Ciptakan suasana nyaman selama berkendaraan. Atur penempatan tempat düdük bayi, ransel anak, dan lain-lain.
  8. Lakukan permainan seru bersama atau bawa mainan yang digemari bayi atau balita Anda.
  9. Selalu bawa peralatan P3K, cukup yang sederhana, misalnya perban, alkohol pembersih, tabir surya (untuk anak-anak lebih dari 6 bulan), serta semprotan serangga dengan DEET (tidak untuk bayi).
  10. Pastikan semua anggota keluarga mengemukakan pendapatnya sebelum menetapkan tanggal. Ajak putra-putri Anda menjadi bagian dari proses perencanaan sejak awal. Mintalah pendapat mereka dalam menentukan tujuan wisata. Tanyakan, “Kamu mau ke Bali? Oke … kamu yang pilih tempat mana yang wajib kita datangi?” Beri tantangan sAaligus tanggung jawab sehingga mengurangi keinginan mereka yang berubah-ubah pada hari H.
  11. Taman hiburan seperti Dunia Fantasi yang memiliki beragam wahana permainan biasanya menjadi tujuan berwisata keluarga nomor 1 karena memang menawarkan kesenangan tidak hanya untuk anakanak, tetapi juga untuk orang dewasa. Kendala utamanya adalah biaya. Siasati dengan menekan biaya pada bagian lain, misalnya membawa bekal dan tidak bermalam.