5 Wisata Pantai di Jogja Terhits yang Wajib Dikunjungi

5 Wisata Pantai di Jogja Terhits yang Wajib Dikunjungi

November 7, 2018 0 By admin

5 Wisata Pantai di Jogja Terhits yang Wajib Dikunjungi – Jogjakarta mempunyai potensi wisata pantai yang luar biasa. Kabarnya ada 55 lebih pantai, dan daerah yang terkenal dengan pantai pantai indahnya adalah kabupaten Gunungkidul.

Kabupaten Gunungkidul dulunya terkenal sebagai daerah yang tandus dan termiskin tapi kini menjelma menjadi kabupaten tersohor di Jogjakarta berkat keindahan pantai – pantainya. Yang dimuat kali ini pun masih terhitung sedikit, karena masih banyak lagi pantai yang layak dikunjungi. Belum lagi potensi keunikan alam seperti gua, dsb. Pendeknya, Gunungkidul ini menjadi andalan Provinsi Jogjakarta untuk menarik minat wisatawan. Dari pusat kota, Gunungkidul bisa ditempuh dengan mobil kurang lebih 3 jam. Kondisi jalan pun bisa dibilang Bagus. Tiket masuk Rp. 10.000 untuk seluruh pantai di Gunungkidul seperti Pantai baron, kukup, krakal, sung dan Indrayanti.

Di Masing masing pantai, anda hanya tinggal membayar parkir saja, untuk mobil sekitar Rp. 5.000 dan motor Rp. 2000

1. Pantai Krakal

Lokasi : Desa Ngestirejo, Kec Tanjungsari

Pantai krakal ini memiliki karakter pantai pasir putih yang landai dan panjang, penuh dengan krakal (batu karang). Kelebihan pantai ini, karena banyak krakal sehingga banyak hidup biota laut di pinggir pantai terutama jenis ikan. Cuma hati – hati, terutama yang membawa anak anak karena anginnya sangat kencang dan ombaknya pun besar. Jadi, pastikan anak anak anda tetap bermain di tepi pantai dan dalam pengawasan.

2. Pantai Baron

Lokasi : Desa kemadang, Kec. Tanjungsari, 40 km dari Jogja

Pantai ini termasuk bagian dari Trionya pantai Gunungkidul yakni Baron, kukup dan Krakal. Pantai yang juga kampung nelayan ini tersohor dengan pantai pasir putihnya. Terlebih bila dilihat dari atas bukit, pemandangan jadi lebih indah. Paduan antara bukit yang hijau, laut yang biru, pasir yang putih berpadu dengan warna warni kapal dan payung pantai.

Untuk naik bukit, ada beberapa jalan setapak yang telah disiapkan penduduk setempat. Di awal jalan ada kota sumbangan dan jangan kaget bila di atas bukit anda menemukan sepasang kekasih yang sedang memandu kasih. di pantai ini setiap bulan suro dalam kalender jawa ada upacara sedekah laut sebagai rasa terima kasih pada tuhan atas hasil laut yang melimpah.

3. PANTAI KUKUP

Lokasi: Desa Kemadang, Kec- Tanjungsari, 42 km dari Yogya.

Letak Pantai Kukup nggakjauh dari Pantai Barons Bahkan bila naik bukit di Pantai Baron dan terus menyusurinya sckitar 2 km, Anda bisa sampai dan menyaksikan keindahan Pantai Kukup dari atas. Sebuah cara menikmati pantai yang berbeda. Saat menapaki jalan setapak lewat ladang penduduk, Anda akan menemukan pantai mini dengan pasir putih dan airnya yang jernih sebelum sampai di Pantai Kukup.Jadi total dari Pantai Bamn ke Pantai Kukupjalan kaki sekitar 20-30 menit, naik turun bukit. Lumayan buat olah raga.

Aktivitas di pantai ini selain mandi dan bermain pasir, juga menyantap rujak (buahnya diuleg) atau lotes (rujak buahnya dipotong-potong), serta minum air kelapa muda.

Harga rujak Rp 7.000, air kelapa muda Rp 10.000. Tips Untuk wisawatan yang hobi motret, coba masuk ke gua di pinggir pantai dan ambil gambar pantai dengan bingkai mulut gua- Artistik sekali-

4. PANTAI SIUNG

Lokasi Desa Tepus, Gunungkidul

Keistimewaan pantai ini dibanding pantai-pantai Iain di Gunungkidul lebih pada kcbcradaan batu batu karang yang mcnjulang tinggi, bcrpadu dengan jernihnya air dan putihnya pasir. Dan, karang-karan menjulang inilah yang dijadikan g pecinta panjat tebing sebagai arenapara menguji kemampuan memanjat di bawah deburan ombak. Konon ada 250 jalur pemanjatan. Cuma Anda harus membawa peralatan sendiri, karena belum ada pihak yang menyewakan peralatan di lokasi pantai.

Pemanjatan sering dilakukan baik oleh mahasiswa pecinta alam atau kelompok Iain di hari libur. Jadi kalau ingin memanjat coba datang Sabtu atau Minggu, izin aja untuk bergabung dengan kelompok pemanjat Iainnya. Bagi yang nggak suka tebing, bukit di sebelah kiri pantai juga bisa didaki hingga kita tiba di ujungnya. Dari sini melihat pemandangan ke sekitar keren banget! Foto-foto narsisjuga paling pas di sini. Naiknya nggak susah kok, tapi tetap butuh kehatihatian. Bagi yang cuma mau santai, bisa duduk-duduk di balai-balai kayu yang tersedia sembari menikmati keindahan.

5. PANTAI PARANGTRITIS

Lokasi : Jl. Parangtritis, Bantul.
Tiket masuk: RP 5.000, parkir mobil RP 10.000. Naik andon mulai RP 10.000, sewa motor AN RP 50.000/jam.

Pantai Parangtritis sudah tersohor bersamaan dengan sejarah Kerajaan Mataram, cikal bakal Kasultanan Yogyakarta. Pantai legendaris yang identik dengan Nyi Roro Kidul, penguasa Laut Selatan, ini selalu ramai. Dibanding pantai-pantai lain, pantai ini sangat komplet sarananya mulai penginapan, restoran hingga sarana hiburan lain. Aktivitas di pantai ini, selain mandi di laut, pengunjungjuga bisa keliling pantai dengan naik dokar/ andong atau nyewa ATV. Saat yang pas menikmati pantaiini menjelang matahari terbenam. Oya, mungkin belum banyak yang tahu kalau di salah satu bukit di pantai ini ada landasan untuk paralayang maupun gantole. Tapi nggak ada tandem master yang rutin beroperasi di sini.

Jadi kalau mau tandem Anda harus buat janji dulu. Info: Hati-hati kalau berenang di Pantai Parangtritis, karena kerap terjadi kecelakaan. Dan menurut mitos para korban itu dijadikan prajuritnya Nyi Roro Kidul. Nah menurut mitos juga, untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan, pengunjung tabu memakai warna hijau, warna kesukaan Nyi Roro Kidul. Believe it or not. duduk di balai-balai kayu yang tersedia sembari menikmati keindahan.