4 Curug Yang Wajib Dikunjungi Ketika Berlibur Ke Kota Bogor

4 Curug Yang Wajib Dikunjungi Ketika Berlibur Ke Kota Bogor

Agustus 4, 2018 0 By admin

Curug di Bogor – Bagi para pecinta alam, kegiatan mendaki gunungdan bermain di air terjun wajib hukumnya. Namun, bukan berarti keindahan panorama pegunungan tidak diminati ataupun tidak dapat dinikmati oleh keluarga. Ketika penulis melakukan observasi melalui media sosial mengenai ” Wisata liburan keluarga enaknya ke mana  ya ? ” atau ” Ke mana akan membawa anak anak liburan ? “, jawaban yang diterima di luar dugaan.

Lebih dari sepuluh orang menjawab, ” Gunung Salak ! ” Selain air terjun yang memiliki daya tarik tersendiri, gunung salak dekat dan mudah dijangkau. Begitulah respons yang diterima. Lalu, mengapa tidak membawa putra putri anda ke wisata alam yang memerlukan stamina prima dan milik para pecinta alam ?

1. CURUG CIHURANG

Untuk perjalanan awal, anda bisa mengunjungi Curug Cihurang dengan membayar biaya retribusi Rp. 2.500 per orang, Anda dapat melihat air terjun setelah berjalan sekitar 150 meter dari pintu gerbang. Meskipun air terjunnya tidak terlalu tinggi, kolamnya yang tidak dalam cocok untuk sekadar bermain air.

2. CURUG NGUMPET

Setelah puas, lanjutkan perjalanan menuju Curug Ngumpet, yang lokasinya tidak seberapa jauh dari Curug Cihurang. Akan lebih baik jika ditempuh dengan kendaraan. Setiap pengunjung dikenakan biaya Rp. 2.500. Air terjunnya memang lebih tinggi dibandingkan dengan Curug Cihurang, tetaepi kawasan di sekitar air terjun tidak terawat. Banyak sampah yang merusak pemandangan mata.

3. CURUG SERIBU

Perjalanan berikutnya, kunjungi Curug Seribu. Sebagai air terjun yang paling tinggi di kawasan itu ( sekitar 100 meter ) , bayangkan suara gemuruh air yang jatuh. Namun, butuh ekstra usaha utnuk mencapainya. Anda harus mengikuti jalan setapak yang membelah hutan. Sensai petualangan akan sangat terasa untuk dapat menikmati pesona air terjun yang mengalir dari sela sela gunung.

4. CURUG CIGAMEA

Terakhir, saatnya mengunjungi air terjun yang paling sering dikunjungi dan menjadi ikon seluruh kawasan air terjun Gunung Salak, yaitu Curug Cigamea. Lokasinya memang lebih mudah dijangkau dan terawat sehingga lebih dikembangakan sebagai kawasan wisata dibandingkan dengan curug lainnya. Setelah membayar tiket masuk Rp. 2500 anda harus melintasi jalur sepanjang 200 meter untuk menemui air terjun ini. Terdapat fasilitas kamar mandi yang bersih, tempat ibadah dan warung yang berjejer rapi.

Selain curug, kawasan wisata gunung  Bunder yang memberikan keindahan kawah Ratu sangat menarik untuk dikunjungi. Setiap harinya, keluar gas panas yang berbau belerang. Sayangnya, kawasan ini tertutup untuk umum karena berbahaya. Meskipun lelah mengunjungi empat air terjun tersebut, jangan lupa membawa buah tangan, seperti buah buahan dan kerajinan tangan anyaman bambu yang menarik. Tertarik untuk mencobanya ? jangan sampai ketagihan lho.

Informasi

  • Akses untuk mencapai kawasan wisata gunung salak :
  • jalur camplang – pamijahan – salak endah
  • Jalur cikampak – salak endah – cibatok
  • Jalur Tamansari – Gunung Bunder – Salak Endah

Tips

  • Sebaiknya,  gunakan jalur Cemplang – Pamijahan – Salak Endah. Selain berjarak tempuh paling singkat dari jalan raya Bogor –  Leuwiliang, kondisi jalan lebih bagus dan tidak berkelok kelok
  • Bawa pakaian ganti dan peralatan mandi lainnya.
  • Pastikan putra putri anda mengenakan alas kaki yang nyaman untuk berjalan jauh di trek berbatu